Desain Bench + Rak Sepatu + Coffee Table dalam satu furniture?

Semakin lama kebutuhan akan furniture yang kompak, hemat ruang namun fungsional semakin meningkat. Salah satunya adalah pesanan Ibu Dewi di Jakarta Selatan berikut ini. Terinspirasi dari bench Krafstudio sebelumnya (lihat project bench untuk ruang minimalis berikut), Klien request bench dengan pendekatan yang sama namun ditambah fitur coffee table. Yap, cukup beralasan, karena bench untuk teras ini dapat dijadikan waktu untuk bersantai sehingga harus ada meja untuk camilan atau minuman disana, hmmm… make sense!. Nah ini pendekatan desain yang kami lakukan:

Desain

Masih tetap mengusung tema kesederhanaan, kali ini kami tidak menyertakan handle seperti di project Ibu Etty. Masih sama dengan teknik sebelumnya, kami miringkan bagian sisi tertentu di pintu untuk mempermudah jari membukanya. Kelihatan repetitif dengan desain sebelumnya ya, tapi kembali lagi, fungsi!

Badan bench kami perpanjang untuk menampung sebanyak mungkin sepatu untuk luasan teras yang disediakan. Tantangan sebenarnya adalah pada fitur meja kopi. Dari kami solusinya sederhana yaitu dengan membuat meja lipat yang dapat disimpan di dalam rak sebagaimana dalam gambar. Untuk menunjang kekuatan bangku, maka kami taruh rak untuk menyimpan meja lipat tersebut di kanan bawah, sehingga struktur atasnya akan memperkuat bagian top table ketika ada beban (orang duduk diatasnya).

Versi Produksi

Berikut ini adalah versi produksi dari desain di atas. Fitur-fitur dan bagaimana cara menggunakan bench tersebut dapat dilihat dalam video. Ada sedikit perbedaan dengan versi desain dimana kami menambahkan/menempelkan papan bulat diantara kaki meja untuk menahannya agar kaki tersebut tidak langsung membuka ketika diangkat.