Desain Meja belajar gantung unik hemat ruang


September 8th, 2018 at 4:34 pm
Desain Meja belajar gantung unik hemat ruang

Desain meja belajar yang unik tentu dapat menambah semangat belajar anak-anak. Kali ini kami share desain meja belajar yang bukan saja unik tapi juga hemat ruang.

Pada umumnya meja belajar memakai kaki kan, nah kali ini kita akan bereksperimen bagaimana membuat meja belajar yang ditempel ditembok dan dengan dimensi yang kompak tanpa mengorbankan ergonomi dan kekuatan. Yuk kita ulas masing-masing bagian desain meja belajar ini:

Gambar 1. Konsep desain meja belajar atau meja kerja hemat ruangan dengan fitur folded lid dan organizer

Fitur Meja Belajar

Ciri khas sebuah meja belajar atau meja kerja yang fungsional adalah tersedianya organizer. Organizer ini dapat berupa ambalan atau rak untuk menaruh barang-barang stationary, kabinet tertutup, atau lagi. Untuk desain ini, meskipun kompak, tetap harus mempunyai fitur organizer. Dapat dilihat pada gambar pada bagian depan pengguna terdapat ambalan. Ambalan ini berfungsi untuk mengorganisir peralatan kantor atau dapat juga untuk menaruh perangkat elektronik seperti handphone.

Cara menggantung di tembok

Untuk menggantungnya kita menggunakan teknik french cleat. Apa it teknik French cleat? adalah teknik untuk memasang kabinet di tembok dengan cara menempelkan terlebih dahulu sebuah papan dengan sisi atas miring menggunakan fischer. Kemudian setelah terpasang dengan kuat, bagian kabinet yang belakangnya juga sudah terinstal papan miring hanya tinggal dicantolkan pada papan di tembok tadi. Teknik ini semakin mempermudah dalam pemasangannya, juga mempunyai kelebihan lain yaitu sangat kuat dan presisi. Lebih detail tentang french cleat dapat dibaca di sini.

gambar 2. French cleat. Cara mudah namun kuat memasang kabinet di tembok

Meja dapat dibuka tutup

Umumnya lebar meja adalah 60-70 cm. Lumayan memakan tempat. Untuk menghemat ruang kita dapat mengakalinya dengan meja lipat. Bagian lid meja dapat dilipat ke atas sehingga dimensinya berkurang menjadi hanya sepertiganya saja. Banyak meja lipat jenis seperti ini, namun perbedaan utama di desain ini adalah dia tidak memerlukan penahan lid atau engsel salon sehingga kelihatan ringkas dan minimalis. Lantas bagaimana kekuatannya? Tidak perlu khawatir karena dengan sistem tumpuan lid meja ini akan sangat kuat. Untuk tumpuannya dapat dilihat pada ilustrasi di bawah.

Gambar 3. Bagian bawah dibuat agak lebar untuk tumpuan. Jadi kekuatannya hanyalah di engsel dan tumpuan tersebut

Gambar 4. Testing kekuatan lid.

Finishing permukaan

Bagian finishing dapat menggunakan cat, pvc sheet, atau HPL. Kami sarankan untuk memakai HPL karena lebih keras dan lebih tahan goresan. Untuk meja pesanan Bapak Agus, di Cijantung, Jakarta, kami menggunakan finishing HPL glossy dengan edging pvc agar nyaman digunakan dan mudah dibersihkan. Untuk warna kami mengikuti request dari klien.

Gambar 5. Pesanan Pak Agus, sebuah meja belajar dan box untuk organizer dan tempat duduk.