Inspirasi desain kabinet custom untuk kamar tamu

Salah satu klien kami, Bapak Soleh, di Jakarta Selatan menginginkan sebuah furniture custom untuk kamar tamunya. Beliau meminta ada lemari, meja, dan rak buku untuk mengisi area sepanjang kurang lebih 2 meter. Lumayan sempit jadi tantangannya ada  di pengaturan agar kompak dan tetap proporsi bentuknya.

Kami sepakat dengan ide klien untuk menghadirkan ketiga jenis furnitur tersebut ke dalam kamar tamu, karena menurut hemat kami, memang kamar tamu hendaknya mempunyai furnitur yang dapat membantu tamu mengorganisir barang, melakukan pekerjaan, atau membaca. Sama seperti di hotel pada umumnya.

Namun ada satu yang kurang, yaitu meja rias, atau bagaimana membuat meja yang sudah ada agar dapat berfungsi untuk meja rias. Solusisnya sederhana, di desain kami kami tambahkan kaca, lampu, dan laci.

Secara keseluruhan, proporsi dari furnitur kustom tersebut harus bagus, oleh karena itu kami sengaja membuat kaki meja dan ambalannya tebal. Selain untuk menyeimbangkan bentuk, juga untuk mengakomodir ruang untuk lampu dan laci. Bagian laci pun sengaja dibuat menggantung untuk menghemat ruang dan memberikan kesan minimalis namun “bold”. Oh iya, ukuran table top dari meja dan laci tersebut sudah kami ukur sedemikian rupa agar ketika orang duduk tidak mengganggu bagian paha, dan juga ketinggian table top nya masih pas untuk beraktifitas di meja. Nantinya kami harus menggunakan dasar laci yang tipis untuk mengkompensasi ukuran totalnya agar masih bisa dimasuki benda yang tebal, semacam hair dryer atau sisir.