Kitchen Set Mewah Kombinasi Dua Teksture

Dokumentasi kitchen set bercorak batu marmer merah dan granit yang rapi. Pehatikan transformasi sebelum dan sesudahnya ya
August 18th, 2018 at 6:02 am
Kitchen Set Mewah Kombinasi Dua Teksture

Kali ini kami mendapat kepercayaan untuk merapikan dapur Ibu Deni di Depok. Tantangan utama dari pembuatan kitchen set ini adalah sudaha danya instalasi cooker hood yang dipasang permanent. Jadi kami harus membuat kitchen set yang dapat dipasang tanpa mengganggu instalasi tersebut. Ide dan kepresisian ukuran sangat penting.

Diawali dengan sesi survey, kami mengukur secara detail bagian bagiannya, terutama jarak antar cooker hood dengan tembok. Ini penting karena nantinya rencanan kami, kabinet atas harus bisa dipasang tanpa perlu merubah pipa yang ternyata sudah dipasang permanen. Pada saat survey ini juga kami kumpulkan nuansa ruangan rumah Ibu Deni agar nantinya terasa menyatu jika sudah jadi. Tahap ini tidak kami dokumentasikan sehingga tidak ada di video atas. Berikutnya step setepnya adalah

Proses Pendesainan

Proses pendesainan diawali dengan coretan coretan di kertas, kemudian kita modelkan dalam software 3d berikut plan potong/assembly nya. Jadi pada tahap ini tidak hanya membuat tampilan namun sudah sekalian bentuk rencana assembly nya. Tahapannya adalah memodelkan ruangan dengan ukuran dan detail sebenarnya, kemudian tinggal mengisinya dengan desain kabinet yang diinginkan.

Nah, berikut di atas adalah hasil rendering nya. Rendering ini menggunakan pattern HPL yang akan kita pakai, sehingga akan persis dengan aslinya. Terima kasih pada Taco yang sudah menyediakan texture semua katalog nya secara online.

Proses Pengajuan Desain, Harga, dan Pemilihan

Pada saat ini juga kita tunjukkan bentuk fisik dari HPL (finishing) yang akan kita pakai. ada di katalog fisik, jadi alternatif-alternatif pilihan HPL tersebut juga kita render.

Setelah klien setuju dengan harga nya, dan diikuti dengan DP 50%, kami memulai produksi

Proses pemotongan dan perangkaian

Model 3d yang kita desain kita pecah pecah berdasarkan plan nya kemudian ditaruh ke model satu sheet plywood untuk memprediksi jalur potong nya. Setelah beres kemudian kita potong secara manual menggunakan table saw. dan kadang menggunakan jigsaw untuk potongan potongan yang rumit atau berbelok.

Setelah semua terpotong berikutnya adalah merangkainya. Pada saat merangkai, sebelum kita sekrup, terlebih dahulu kita oleskan lem kayu sehingga lebih kuat dan kokoh.

Proses finishing

Dari semua tahapan produksi kitchen set, proses finishing adalah yang tersulit dan harus ekstra hati hati dan teliti. Harus benar benar diperhatikan rata lem, trimming bagian pinggir, dan lain lain. Semua harus rapi.

Salah satu yang penting adalah menyambungnya texture atau corak dari HPL. Seperti dalam foto foto tersebut, meskipun kitchen set terpisah pisah namun pattern nya tetap menyambung. Bahkan bagian belok pun tetap harus dibuat menyambung (lihat foto kabinet yang berdiri sendiri di bagian tembok yang ada MCB nya)

Pengiriman dan pemasangan

Pemasangan kitchen set dengan sistem/metode desain KRAF dapat menghemat waktu tanpa mengurangi tingkat kerapihan. Akan saya jelaskan sedikit mengenai proses pemasangan, terutama kitchen set yang sudah ada table top dari developernya. Begini,… salah satu yang paling sulit dalam pemasangan kitchen set adalah tembok atau ruangan yang ternyata tidak sempurna, seperti miring, berbelok, tidak rata, dll. Nah, biasanya di kitchen set yang sudah ada table top beton dari developer pun juga banyak kemiringan.

Pada umumnya kitchen set dipasang dengan header atau penutup yang menoncol untuk mengkompensasi toleransi, Di kraf kami tetap membuatnya segaris dengan counter top sehingga lebih rapi, tidak terkena air jika tumpah dari countertop, serta lebih bagus dari segi desain. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di foto-foto kitchen set bagian bawah.

Kesimpulan

Membuat kitchen set untuk tempat yang sudah mempunyai home appliance dan countertop terpasang permanent memerlukan ketelitian dan planning yang bagus. Dengan bantuan software pemodelan 3D, kami berhasil menyatukan rancangan kitchen set baru ke dalam environment yang sudah ada. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Ketepatan ukuran dari bagian bagian detail peralatan dapur
  • Rencana akses masuk kabinet ke dapur
  • Proses produksi yang teliti terutama proses finishing yang harus memperhatikan kontinyuitas dari corak HPL
  • Teknik pemasangan kabinet di bawah countertop beton yang memungkinkan pintu sejajar dengan countertop sangat penting

Demikian, semoga bermanfaat

 

Gallery