Membuat pengaman pintu agar tidak menjepit tangan anak


September 12th, 2018 at 3:50 pm
Membuat pengaman pintu agar tidak menjepit tangan anak

Pintu bisa jadi sangat berbahaya bagi balita atau anak-anak. Bagian engsel dapat menjepit dengan sangat kuat. Fatal akibatnya. Berikut ini kami share bagaimana mencegah anak-anak atau siapapun tanpa sengaja memasukkan tangan ke area tersebut.

Caranya cukup sederhana dan super murah. Anda hanya perlu menyiapkan kardus tebal (bisa bekas tv atau kulkas, intinya yang tebal dan keras), lem kuning, dan cutter. kemudian memotongnya dengan lipatan lipatan seperti gambar di bawah. Lipatan itu penting karena dia tidak mengganggu gerakan pintu, namun tetap melindungi area yang terbuka sehingga jari anak tidak masuk. Ikuti 5 langkah mudah ini. Semoga membantu.

1. Potong kardus

Ok yang pertama kita buat potongan kardus tebal dengan dimensi kurang lebih 30cm x 100cm (boleh lebih panjang). Paling bagus memakai kardus bekas kulkas atau home appliance besar karena lumayan kokoh dan ngga akan “letoy” meskipun ditekan. Ini penting!

2. Aplikasikan Lem Kuning

Lumuri bagian sisi kardus kurang lebih 2 cm memanjang (searah dengan sisi panjang) dan bagian bingkai pintu. Lihat gambar 2 untuk lebih jelasnya. Kedua permukaan yang akan di lem HARUS dilumuri dengan lem kuning. Kalau hanya satu saja pasti tidak akan kuat. Tips ini berlaku ke benda apapun yang akan di lem. Biasakan melumuri kedua belah permukaan yang ingin disatukan.

3. Tempelkan pada bingkai pintu.

Setelah menunggu beberapa menit, saatnya menempelkan ke bingkai pintu. Ketika melumuri lem jangan langsung ditempel, diamkan beberapa saat dulu agar lem mengikat sempurna, baru kemudian kita satukan.

4. Tekuk kardus seperti huruf S

Berikutnya tekuk kardus tersebut seperti pada foto dibawah.

5. Lem bagian paling ujung kardus dengan pintu

Berikutnya tinggal menempelkan sisi ujung kardus dengan pintu. Cara menempelkannya buka dulu pintu di bukaan maksimalnya, kemudian tempelkan. Jika lem sudah merekat kuat, baru tutup pintu. Dengan begitu bukaan pintu tidak akan terganggu oleh kardus dan kardus tetap bisa menutup area engsel dengan sempurna.

Berikut ini di bawah adalah foto ketika pelindung pintu dari kardus sudah terpasang sempurna.